Media Transmisi

  1. Tingkat keamanan data pada media transmisi :

a. Fiber Optik, kabel ini mempunyai tingkat keamanan yang cukup relevan dibanding kabel tembaga (UTP dan Coaxial) karena kabel fiber optik mendukung transmisi data berkecepatan tinggi tidak sama halnya dengan kabel coaxial.

b. Twisted Pair, umumnya lebih handal (reilable) dibandingkan dengan tim coaxcial, karena Hub mempunyai kemampuan data error correction dan meningkatkan kecepatan transmisi.

c. Coaxial cable, kabel ini sering digunakan untuk high-frequency transmission line untuk membawa data berfrekuensi tinggi atau sinyal broadband.

2. Perbedaan antara kabel UTP dan Coaxial 

Kabel UTP terdiri dari tembaga memiliki 8 warna, dimana terdapat nomor – nomor dalam pemasangannya. Sedangkan Coaxial terdiri dari serat optik yang berbentuk seperti serabut – serabut namun dibanding dengan UTP, coaxial lebih keras dan padat.

Lebih praktis coaxial karena :

a. Harganya tidak terlalu mahal dan tidak murah (lebih murah dari fiber optik)

b. Dapat dialiri tegangan yang besar

c. Kepekaan kabel coaxial tergolong sangat peka dalam menerima isyarat

d. speed transmisi data yang tinggi

e. Penguatnya menggunakan Repeater (tidak sebesar twisted pair)

3. Fungsi dari perangkat Modem, Router, Switch dan Hub

a. Modem (Modulator Demodulator) adalah alat komunikasi atau perangkat keras dua arah yang mengubah sinyal dari sinyal analog ke sinyal digital, Modulator mengubah informasi menjadi sinyal yang siap dikirimkan.

b. Switch sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan (penerus data cakupan LAN)

c. Router penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data untuk satu jaringan ke jaringan lainnya (dua atau lebih jaringan yang berbeda “internetwork”)

d. Hub menghubungkan beberapa komputer secara bersama-sama dan membuatnya seolah – olah dalam satu segmen jaringan.

4. Perbedaan Switch dengan Hub dalam kinerjanya

a. Bekerja pada OSI Layer yang berbeda

Hub bekerja pada OSI layer pertama, yaitu layer physical atau lapisan fisik. Tidak berbeda seperti kabel dan atau sinyal wifi, yang hanya menyalurkan data saja. Switch bekerja pada lapisan kedua pada OSI Layer, yaitu Data Link.

b. Cara Kerja

Kerja Hub hanya untuk menerima dan mengirimkan sinyal – sinyal listrik melalui kabel yang tersambung. Switch tidak hanya mengirim atau menerima sinyal, tetapi juga memproses informasi pada layer data link. Informasi yang dicek berupa mac address dari setiap komputer dan perangkat yang tersambung.

c. Tingkat Kehandalan

Walaupun cara kerja dari Hub itu simpel, namun kinerja dari switch lebih bagus dari hub. Mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan switch menggunakan sistem seleksi terhadap semua perangkat atau komputer yang terhubung dengan dirinya yang diseleksi oleh switch berupa MAC Address dari komputer atau perangkat jaringan yang terhubung.

d. Kecepatan Transfer Data

Karena switch menyeleksi terlebih dahulu mac address mana yang menjadi tujuan, maka hal ini membuatnya mengirimkan data lebih cepat. Tidak seperti hub yang mengirim sinyal secara menyebar/menyeluruh, tidak peduli perangkat mana yang menjadi tujuan data tersebut.

e. Pengaturan atau manageable

Hub sama sekali tidak bisa diatur atau di-setting. Switch dengan label manageable bisa diatur untuk memblokir atau mengijinkan komputer mana saja yang boleh tersambung dengan dirinya. Switch bisa membagi satu segment jaringan LAN menjadi dua atau lebih segment jaringan LAN meski secara fisik berada dalam satu jaringan yang sama, hal ini dikenal dengan istilah Virtual LAN atau VLAN.

f. Sistem Keamanan Jaringan

Ketika data yang dikirim oleh hub sampai pada tujuan, pasti data tersebut dalam kedaan utuh. Namun, tidak dengan switch, data yang terkirim tersebut belum tentu utuh. Bukan karena switch tidak mampu mengirim secara utuh. Melainkan setiap paket data yang dikirim oleh switch pasti periksa terlebih dahulu untuk memastikan setiap data yang terkirim bersifat aman. Jadi, untuk data yang dianggap mencurigakan tidak akan sampai pada komputer tujuan.

g. Harga

Telah kita ketahui berbagai macam kelebihan dari switch, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka tak heran apabila harga switch bisa lebih mahal dibandingkan dengan hub.

Leave a Reply